Barang Yang Harus Dibawa Saat Umroh Tanah Suci

Barang Yang Harus Dibawa Saat Umroh Tanah Suci

Persiapan Umroh RamadhanSudah hampir memasuki bulan Ramadhan, banyak muslimin dan muslimat yang memilih untuk umroh dan menjalankan puasa Ramadhan di tanah suci. Memang, program Umroh bulan Ramadhan ini sangat tinggi peminatnya. Sehingga meski baru pertama kali umroh, jamaah selalu ingin berangkat di momen Ramadhan, bulan yang sangat mulia ini. Nah, untuk jamaah yang mungkin baru pertama kali umroh, biasanya agak bingung kira-kira barang-barang dan perlengkapan apa saja yang harus disiapkan dan dibawa serta yang tidak boleh dibawa. Mungkin Anda salah satu dari mereka, inilah daftar perlengkapan yang musti dibawa saat Umroh di tanah suci, ini dia paparannya :

1. Dokumen Berharga dan Penting
Beberapa dokumen penting yang harus dibawa saat ber-umroh antara lain KTP, Paspor, Buku Kuning (catatan vaksinasi), dan Buku Nikah. Sebisa mungkin dibawa juga punya lembar copiannya untuk mengantipasi hal-hal yang bisa saja terjadi, misal terselip atau yang paling apes, hilang. Dokumen lain yang semestinya dibawa adalah uang, tiket pesawat, tanda terima pemesanan hotel, dan buku tabungan pembayaran (untuk yang ini, biasanya sudah dihandle dari Travel, yang dibagikan saat menjelang flight di bandara tanah air). Simpan baik-baik semua dokumen tersebut dalam wadah/map plastik yang kedap air/lembab.

2. Obat-obatan
Jangan lupakan kesehatan untuk kenyamanan dan kekhusyukan selama ibadah Umroh, apalagi saat berpuasa. Kami menyarankan Anda memprioritaskan riwayat kesehatan/penyakit yang pernah Anda idap. Selain itu, musti bawa juga obat-obatan yang umum misalkan Obat Influenza, Pereda Nyeri, Pereda Pusing, Penurun Panas, Anti Alergi dan perlengkapan medis lain seperti plester, perban, balsam, Freshcare, minyak anti angin dan lainnya. Masukkan semua obat dan perlengkapan medis ini adalah tas kecil khusus.

3. Membawa tisu basah dan kering
yang ber-resleting untuk kemudahannya. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati… 🙂
Tisu basah dan kering jadi hal wajib untuk dibawa. Karena dekat dengan padang pasir, kondisi di sana cukup berdebu, sehingga tisu basah sangat dibutuhkan. Tisu kering bisa membantu mengelap keringat atau bersuci.

4. Perawatan untuk wajah dan kulit
Hawa di sana cenderung panas. Jadi bawalah sunscreen atau sunblock dan pelembab untuk melindungi kulitmu. Bawa juga beberapa krim khusus sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Apalagi kalau kamu punya kulit yang sensitif. Pastikan tak memiliki bau yang menyengat.

5. Peralatan mandi dan cuci baju
Peralatan mandi yang wajib dibawa antara lain sampo, sabun, serta sikat dan pasta gigi. Bawa pula detergen untuk mencuci baju supaya tak perlu membawa terlalu banyak ganti. Kamu bisa membawa dalam ukuran traveling biar gak terlalu memberatkan.

6. Bawang bawaan khusus perempuan
Perempuan memiliki barang bawaan yang lebih banyak daripada laki laki. Misalnya seperti hijab, baju gamis atau abaya, inner untuk hijab, kuncir rambut, pembalut, peniti, tas kecil, mukena, dan pakaian dalam. Sebaiknya bawa pakaian secukupnya supaya tidak memenuhi koper. Untuk memuat tisu, buku doa, pembalut, dan sebagainya, kamu bisa membawa tas kecil yang bisa dibawa ke mana-mana.

7. Barang bawaan khusus laki laki
Laki-laki memiliki ketentuan tersendiri untuk memakai baju ihram, kain tanpa jahitan. Usahakan membawa lebih dari satu supaya bisa dipakai bergantian. Selain ihram, bawa pula baju yang nyaman untuk nantinya melepas ihram. Untuk tas kecil, sebaiknya yang bisa dilingkarkan di pinggang, biar lebih simpel.

8. Beberapa barang elektronik
Jangan lupakan smartphone, powerbank, dan charger ya! Smartphone akan membantu Anda menemukan jalan, berkomunikasi dengan keluarga di Tanah Air, hingga mengabadikan momen. Gunakan seperlunya supaya kamu bisa fokus beribadah selama umroh. Tips ini pun berlaku saat ibadah Haji ya.

9. Kaos kaki dan Jaket
Selalu gunakan kaos kaki ketika melakukan kegiatan apapun di Tanah Suci. Tidak perlu yang terlalu tebal, yang penting melindungi kaki dari debu. Dan terakhir adalah pakaian tebal alias Jaket untuk menjaga kondisi tubuh tetap hangat selama beribadah dan beritikaf Ramadhan saat Umroh.

10. Baju Santai dan Koko/Gamis
Adakalanya kita dalam kondisi santai atau istirahat atau juga di saat tidak dalam kondisi wajib memakai ihram, maka gunakan baju yang santai. Untuk tidur bisa memakai Tshirt/kaos oblong, untuk ibadah lain dan jalan-jalan bisa menggunakan Kaos Berkrah atau Baju Koko atau gamis untuk jamaah wanita. Jika untuk program reguler 9-10 hari, siapkan untuk keperluan 2 hari ganti, tidak perlu khawatir, di sana banyak jasa laundry.

Nah, biar gak sampai ketinggalan, coba list dulu sebelum umroh barang-barang tersebut mulai dari sekarang. Selamat beribadah!

WhatsApp chat

AHT travel: Layanan Umroh Sunnah Amanah Profesional

Silakan isi Form dan dapatkan kesempatan Diskon s.d Rp 1 Juta !!!

Selamat Anda berkesempatan mendapatkan Diskon Paket Umroh dari Kami...

There was an error while trying to send your request. Please try again.

AHT Umroh 081563171707 will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.