Pintu Jibril (Bab ur Jibril) di Masjid Nabawi Madinah

Pintu Jibril (Bab ur Jibril) di Masjid Nabawi Madinah

Saat kita umroh atau haji, pasti kita pun berziarah di Masjid Nabawi dan ziarah Makam Rasulullah saw. Ada kisah  menarik berkenaan dengan Masjid Nabawi ini. Ketika Nabi berhijrah ke Madinah, beliau membangun masjid dengan tiga pintu. Pertama, pintu bagian selatan saat kiblat masih menghadap Baitul Maqdis di arah utara. Kedua, pintu di bagian timur yang dinamakan dengan Bab Nabi, juga disebut dengan Bab Utsman, yang kemudian dikenal dengan sebutan Bab Jibril.

Ketiga, pintu di sebelah barat yang dinamakan dengan Bab Atikah karena dekat dengan rumah Atikah binti Abdullah bin Yazid bin Muawiyah. Sekarang pintu itu terkenal dengan nama Bab Ar-Rahmah. Dinamakan pintu Jibril, karena malaikat Jibril a.s sering turun menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad saw melalui sisi pintu ini. Semoga kita semua diberikan rizki, niat dan izin Allah swt untuk bisa berziarah di masjid Nabawi dan makam Rasulullah saw serta beribadah umroh di Makkah. Aamiiin yra.

Pintu Jibril di masa silamDalam sebuah riyawat berkenaan dengan pintu Jibril ini, Malaikat Jibril a.s mendatangi Rasulullah saw setelah perang Ahzab dan berkata kepada Nabi saw di depan pintu masjid ini. Dijelaskan juga di dalam hadist Bukhari, bahwasannya siti Aisha ra, Rasulullah saw istirahat meletakkan semua senjatanya kemudian pergi mandi. Setelah itu datang malaikat JIbril mengendarai kuda kemudian berbicara kepada Nabi dari dekat pintu Jibril sekarang. Malaikat Jibril a.s menyampaikan, “Engkau telah meletakkan senjatamu, tapi kami para malaikat tetap mengenakan pakaian perang. Jadi engkau seharusnya bergabung bersama kami untuk melawan Banu Quraisy”. Siti Aisha r.anha menambahkan, aku melihat Jibril a.s dari celah pintu, dia (Jibril) dipenuhi debu (tubuhnya). Semoga kita semua diberikan rizki, niat dan izin Allah swt untuk bisa berziarah di masjid Nabawi dan makam Rasulullah saw serta beribadah umroh di Makkah. Aamiiin yra.

Pintu Bab ur Jibril Masjid Nabawi NabawiPintu Babul Jibril ini juga dikenal dengan Bab al Utsman (Pintu Utsman) karena Nabi Muhammad saw sering melewati pintu ini untuk menuju rumah Sayyidina Utsman ra yang berada di seberang masjid. Catatan penting, posisi awal pintu Bab Jibril ini berada lebih jauh di dalam masjid, dan saat ini sudah dipindahkan ke timur dengan perpanjangan Masjid Nabawi. Semoga kita semua diberikan rizki, niat dan izin Allah swt untuk bisa berziarah di masjid Nabawi dan makam Rasulullah saw serta beribadah umroh di Makkah. Aamiiin yra.

===INFO UMROH 2019===
Tersedia Paket Umroh Reguler, Plus Turki dan Spesial Ramadhan Istimewa, bersama kami Umroh Al Haneef dan Travel Alindra Haqeem.
Pilih yang sesuai dengan Anda, pastikan Ibadah Anda aman dan hikmah bersama kami.

Konsultasi Umroh : Nunung Indrianto 0815 6317 1707 (WA / Call)

WhatsApp chat

AHT travel: Layanan Umroh Sunnah Amanah Profesional

Silakan isi Form dan dapatkan kesempatan Diskon s.d Rp 1 Juta !!!

Selamat Anda berkesempatan mendapatkan Diskon Paket Umroh dari Kami...

There was an error while trying to send your request. Please try again.

AHT Umroh 081563171707 will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.